KOMPETISI PARIWISATA INDONESIA

PANDUAN

JENIS KOMPETISI DAN PELAKSANAANYA

Jenis Kompetisi
Tanggal
Pukul
Tempat
Kompetisi Guiding



Kompetisi Tour Package



Kompetisi Galileo dan Abacus


Lab. Travel Gd. Jurusan Administrasi Niaga
Kompetisi Iklan Pariwisata




Pendopo Agung POLBAN
Kompetisi Fotografi


Kompetisi Artikel


Kompetisi Poster Pariwisata


Kompetisi Cerdas Cermat


Kompetisi Majalah Dinding



 1. Pendaftaran setiap kompetisi dibuka tanggal 13 Maret 2012;
  1. Pendaftaran dan pengumpulan foto dan iklan (poster dan short movie) dilakukan secara langsung ke TraveLab, Gd. P2T Lt. 1 Politeknik Negeri Bandung, pada hari Senin s.d. Jumat pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB, kecuali jam istirahat pukul 12.00 s.d. 13.00 WIB;
  2. Pendaftaran seluruh kompetisipaling lambat tanggal 24 April 2012;
  3. Peserta diwajibkan mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan dua buah pas foto formal berwarna ukuran 3  x 4 cm (satu buah ditempel di formulir pendaftaran), dan fotokopi KTM atau kartu pelajar;
  4. Technical meeting dilaksanakan pada tanggal 27 april 2012 di ruang 308 Lt. 3 Gedung B Politeknik Negeri Bandung (Gedung Jurusan Administrasi Niaga) pukul 13.30 WIB;
  5. Penentuan nomor urut peserta kompetisi guiding dan kompetisi Reservasi Galileo dan Abacus dilakukan pada saat technical meeting;
  6. Peserta wajib melakukan registrasi ulang sebelum lomba di mulai;
  7. Untuk peserta kategori SMA/SMK sederajat, formulir pendaftaran dimasukan ke dalam map berwarna biru;
  8. Untuk peserta kategori Perguruan Tinggi, formulir pendaftaran dimasukan ke dalam map berwarna merah;
  9. Pengumuman pemenang di setiap kompetisi akan diumumkan pada tanggal 1 Mei 2012 di penutupan Event KPI 2012.



Keterangan

1. Ketentuan ini mutlak dan tidak dapat di ganggu gugat;

2. Peserta di nilai oleh juri yang professional;

3. Keputusan juri mutlak dan tidak dapat di ganggu gugat;

4. Hal-hal lain yang belum tercantum pada setiap ketentuan akan di tentukan kemudian oleh panitia berdasarkan keputusan.

PERATURAN BAND COMPETITION
JINGLE KPI  2012
    1. Peserta Band Jingle KPI III 2012 adalah Siswa SMA/SMK dan Mahasiswa
    2. Setiap peserta diwajibkan melakukan registrasi ulang pada hari kamis tanggal 5 April 2012 mulai pukul 08.00 WIB saat technical Meeting.
    3. Lomba akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 April 2012 dimulai pada pukul 08.00 WIB.
    4. Peserta dinyatakan gugur jika tidak hadir di area lomba hingga perlombaan berakhir dan uang pendaftaran tidak akan dikembalikan.
    5. Urutan tampil akan ditentukan saat Technical Meeting.
    6. Peserta akan dipanggil menuju backstage, dua giliran sebelum tampil guna bersiap-siap.
    7. Diberikan waktu 15 menit untuk tampil di panggung, mulai dari persiapan, pembawaan lagu, hingga lagu berakhir.
    8. Akan dilakukan pengurangan poin jika peserta tampil di panggung melebihi durasi yang diperbolehkan.
    9. Aspek-aspek yang dinilai:
      1. Harmonisasi
      2. teknik & keahlian/skill
      3. Performance
    1. Tidak diperbolehkan melakukan tindakan anarkis selama lomba berlangsung atau peserta akan didiskualifikasi.
    2. Diperbolehkan bagi tiap peserta untuk membawa fans-nya.
    3. Panitia menyediakan sound system dan alat-alat musik standar.
    4. Peserta tidak diperkenankan meninggalkan area lomba selama lomba berlangsung.
    5. Akan diambil juara 1 dan akan diadakan pengangkatan resmi Jingle KPI 3 2012 apabila ada yang terpilih.
    6. Lagu menjadi milik Prodi UPW.
    7. Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

KETENTUAN BAND COMPETITION
JINGLE KPI 2012

    1. Lomba dikategorikan untuk Siswa SMA/SMK dan Perguruan Tinggi
    2. Satu grup minimal terdiri dari 3 personil dan maksimal terdiri dari 7 personil.
    3. Peserta diwajibkan mengikutiTechnical Meeting pada hari kamis tanggal 5 April 2012
    4. Setiap grup wajib membawakan lagu jingle KPI yang telah diaransemen musiknya. (lirik disediakan)
    5. Aspek yang dinilai yakni : Harmonisasi, Skill, dan Performance atau Penampilan
    6. Setiap band diperbolehkan membawa alat musik masing-masing.
    7. Peserta wajib mengganti rugi atas segala kerusakan alat panitia yang dipakai.
    8. Kostum personil band saat tampil diharuskan sopan dan rapi.
    9. Segala bentuk ketentuan yang belum tercantum di atas namun dianggap perlu, akan ditetapkan selanjutnya.
    10. Biaya pendaftaran Rp50.000


PANDUAN KOMPETISI GUIDING
Lomba dibagi ke dalam satu kategori, yang berasal dari:
    1. SMA/SMK sederajat
    2. Perguruan Tinggi Pariwisata
Durasi   : maksimal 10 menit
Biaya pendaftaran  : Rp 75.000,-
Penilaian:
  1. Pengetahuan atau wawasan mengenai topik;
  2. Sikap tubuh/gesture;
  3. Grooming;
  4. Teknik guiding.

Ketentuan:
  1. Menggunakan Bahasa Inggris;
  2. Peserta melampirkan fotokopi KTM atau kartu pelajar;
  3. Peserta berpakaian batik;
  4. Menggunakan celana kain/katun (bukan jeans dan tidak ketat);
  5. Peserta memakai sepatu pantovel hitam;
  6. Rambut rapi;
  7. Peserta harus hadir saat technical meeting;
  8. Peserta datang 30 menit  sebelum  lomba di mulai;
  9. Penentuan destinasi akan diundi pada saat technical meeting.


PANDUAN KOMPETISI TOUR PACKAGE
Lomba dibagi ke dalam satu kategori, peserta berasal dari:
    1. Kategori SMA/SMK sederajat
    2. Kategori Perguruan Tinggi Pariwisata
Durasi   :  20 menit/ kelompok
Biaya peserta   : Rp 75.000,- /kelompok
    Peserta membuat paket perjalanan semenarik mungkin kemudian mempresentasikan paket tersebut kepada juri, paket wisata sudah termasuk atraksi wisata, akomodasi, transportasi, konsumsi, dan harga. Range harga paket perjalanan di tentukan oleh panitia KPI 2012, harga yang tercantum harus rill dengan harga yang sebenarnya.
Penilaian:
        1. Kesesuaian isi dengan persyaratan yang telah di tentukan;
        2. Kemenarikan dari isi tour yang disampaikan;
        3. Grooming;
        4. Sikap tubuh / Gesture.
Ketentuan:
  1. Satu kelompok peserta terdiri dari 3 orang;
  2. Paket yang dibuat sudah dipersiapkan di rumah (sehingga hanya persiapan presentasi);
  3. Peserta melampirkan fotokopi KTM atau kartu pelajar;
  4. Peserta berpakaian batik;
  5. Peserta menggunakan celana panjang hitam bukan jeans;
  6. Peserta menggunakan sepatu pantovel;
  7. Rambut harus rapi;
  8. Peserta harus sudah hadir 30 menit sebelum acara lomba dimulai;
  9. Presentasi menggunakan power point;
  10. Bahan yang akan di presentasikan  di serahkan pada panitia 30 menit sebelum acara dimulai;
  11. Paket wisata yang dilombakan menjadi hak milik program studi usaha perjalanan wisata untuk kegiatan promosi atau lainnya;
  12. Pengumuman peserta dilaksanakan pada saat penutupan pada tanggal 1Mei 2012;
  13. Peserta wajib mengisi daftar hadir;
  14. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat;
  15. Untuk persayaratan dan panduan lainnya akan diberikan saat pendaftaran.



PANDUAN KOMPETISI GALILEO DAN ABACUS
Lomba dibagi ke dalam dua kompetisi:
  1. Kompetisi Abacus
  2. Kompetisi Galileo
Peserta berasal dari:
  1. SMK jurusan Pariwisata
  2. Perguruan Tinggi jurusan Pariwisata
Biaya peserta   :
  1. Abacus  : Rp 60.000,- / peserta
  2. Galileo  : Rp 60.000,- / peserta

    Peserta akan mengikuti lomba membuat reservasi secara online menggunakan system reservasi Galileo (bagi yang mengikuti lomba Galileo) dan system reservasi Abacus (bagi yang mengikuti lomba Abacus).
Ketentuan:
  1. Peserta melampirkan fotokopi KTM atau kartu pelajar;
  2. Peserta berpakaian batik;
  3. Peserta menggunakan celana panjang hitam (bukan celanajeans);
  4. Peserta menggunakan sepatu pantovel;
  5. Rambut rapi;
  6. Peserta harus sudah hadir 30 menit sebelum acara lomba dimulai;
  7. Peserta wajib mengisi daftar hadir;
  8. Membawa alat tulis dan kalkulator;
  9. Keputusan dewan juru tidak dapat diganggu gugat.

Penilaian:
  1. Membuat PNR
    • Booking flight
    • OSI (Other service Information)
    • Pemenang adalah yang tercepat dan terlengkap
  2. Menghitung Harga
    • Fare calculation
    • Ticketing entry
  3. Mencari rute keliling dunia
    • Segmention / itinerary
    • Efisiensi waktu


PANDUAN KOMPETISI ARTIKEL PARIWISATA
Peserta berasal dari :
  1. SMA/ SMK sederajat
  2. Universitas/ Perguruan Tinggi jurusan Pariwisata
Biaya pendaftaran  : Rp 60.000,- / peserta

Format penulisan artikel:
1.      Materi tulisan mengacu pada satu tema yaitu MICE sebagai Industri Kreatif;
2.      Peserta menyerahkan 1 artikel;
3.      Bentuk laporan artikel:
a.       Minimal 1500 kata,
b.      Spasi 1.5, kertas A4, jenis huruf  Times New Roman ukuran 12,
c.        Judul ditulis rata tengah (Centre), dan ditebalkan (bold),
d.      Sub judul ditebalkan (bold),
e.       Pargraf  baru ditulis menjorok,
f.       Istilah asing diketik miring (italic),
g.      Referensi ditulis sesuia kaidah.
Penilaian:
1.      Teknik tata tulis artikel;
2.      Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar;
3.      Mutu gagasan (keaslian gagasan,kreativitas,inovatif,sistematika);
4.      Topik (aktualisasi topik, kesesuaian judul dengan tema, topik yang dipilih dan isi artikel);
5.      Data dan sumber informasi (keakuratan dan kesesuaian);
6.      Argumentasi.
Peserta wajib mengisi daftar hadir;



PANDUAN KOMPETISI CERDAS CERMAT
Lomba dibagi ke dalam satu kategori, peserta berasal dari:
  1. SMA/SMK sederajat
  2. Perguruan Tinggi Pariwisata 
Biaya peserta   : Rp 75.000,- / group
Ketentuan:
  1. Peserta melampirkan fotokopi KTM atau kartu pelajar
  2. Setiap kelompok terdiri dari 3 orang yang mengakomodir unsur gender (Laki-laki dan Perempuan);
  3. Peserta tidak diperkenakan menggunakan kalkulator;
  4. Panitia hanya menyiapkan 1 buah pulpen dan kertas untuk soal-soal yang memerlukan hitungan dalam 1 kelompok;
  5. Tidak diperbolehkan melihat catatan ataupun buku saat lomba berlangsung;
  6. Sebelum menjawab pertanyaan, harus menekan bel terlebih dahulu;
  7. Setiap peserta menggunakan pakaian batik yang sopan, celana tidak ketat dan bukan jeans serta menggunakan sepatu pantovel;
  8. Peserta wajib mengisi daftar hadir;
  9. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat dan bersifat mutlak.

PANDUAN KOMPETISI IKLAN PARIWISATA
Peserta berasal dari:
  1. SMA/SMK Sederajat
  2. Perguruan Tinggi
Biaya peserta:
  1. Foto  : Rp 30.000,-/photo
  2. Poster  : Rp 30.000,-/poster
  3. Mading : Rp 75.000,-/kelompok
  4. Short Movie : Rp 45.000,-/video

Syarat dan ketentuan untuk Iklan:
  1. Foto
  1. Peserta melampirkan fotokopi KTM atau kartu pelajar;
  1. Tema foto Hidden Tourism of Indonesia;
  2. Foto karya sendiri (bukan milik orang lain);
  3. Foto yang dilombakan belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan apapun sebelumnya;
  4. Foto yang dikirim kepada panitia berupa hasil cetak dengan ukuran 8R (20x25) dan soft
    copy file format JPG (resolusi maksimal 2.000 pxl yang disimpan di 1 keping CD);
  5. Tidak diperbolehkan mengolah, mengubah, menambah ataupun mengurangi dalam
    sebuah foto (mengutamakan keaslian foto);
  6. 7. Dipojok kanan bawah karya cantumkan judul foto, keterangan foto dan nama lengkap;
  7. Setiap peserta diperbolehkan mengirim lebih dari satu foto;
  8. Foto yang dikirim menjadi hak Program Studi Usaha Perjalanan Wisata Politeknik Negeri Bandung untuk kegiatan promosi atau lainnya;
  9. Pengumuman peserta dilaksanakan pada saat penutupan pada tanggal Event KPI 2012 pada tanggal 1 mei 2012;
  10. Peserta wajib mengisi daftar hadir;
  11. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

  1. Mading
  1. Peserta melampirkan fotokopi KTM atau kartu pelajar;
  1. Tema mading “Excoticism of Komodo Island”;
  2. Peserta berpakaian rapih;
  3. Rambut rapi;
  4. Setiap kelompok terdiri dari 3 orang;
  5. Kelompok menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan mading beserta peralatan dan media yang digunakan;
  6. Panitia hanya menyiapkan 1 buah media pajang mading untuk 1 kelompok
  7. Durasi lomba selama 180 menit (3 jam);
  8. Dalam mading wajib mencantumkan identitas sekolah;
  9. Setiap kelompok di damping oleh 1 guru pembimbing;
  10. Peserta wajib mengisi daftar hadir.

  1. Poster/Pamflet
  1. Peserta melampirkan fotokopi KTM atau kartu pelajar;
  1. Tema poster “Visit West Java”;
  2. Poster/pamflet dicetakdalamkertas glossy ukuran A3 dan di laminasi
  3. Poster harus menarik, berwarna, dan mempromosikan kekayaan pariwisata Jawa Barat;
  4. Poster bersifat mengajak pembaca untuk mengunjungi kawasan wisata di Jawa Barat;
  5. Belakang bingkai poster terdapat nama peserta, asal sekolah atau perguruan tinggi dan contact person;
  6. Poster/pamflet yang telahmasuksepenuhnyamenjadimilik panitia;
  7. Peserta wajib mengisi daftar hadir.

  1. Media Elektronik (short movie)
  1. Semua peserta melampirkan fotokopi KTM/kartu pelajar;
  1. Tema short movie “Industri Kreatif Indonesia”;
  2. Film memiliki tujuan untuk mempromosikan produk dari Industri kreatif yang diangkat dan bersifat mengajak audiens untuk menggunakan atau menghasilkan produk kreatif;
  3. Film berbentuk short movie berdurasi + 3 menit;
  4. Format film berbentukAVI, MPEG, atau flash video;
  5. Film diserahkan dalam bentuk DVD. (1 film 1 DVD);
  6. Film harus diserahkan maksimal 3 hari sebelum pelaksanaan;